loncatan pertumbuhan

kalau lihat aplikasi kms, maka bulan ke 6 merupakan loncatan pertumbuhan yg paling panjang hingga beberapa minggu dg di akhirnya ada tanda awan hujan, dalam loncatan pertumbuhan tersebut biasanya suhu bayi meningkat dan sedikit rewel, kalau baca2 sih usia segitu bahkan wajar jika suhu tubuh sampai 38 derajat dan ada warning jika sampai 39 derajat agar dikonsultasikan ke dokter ... (niki korban atau manfaat mbah google?)

panik juga ketika ditemukan butiran2 pasir berwarna coklat yang menempel di kemaluan adek dan pempers lumayan banyak, takut ... mk langsung diperiksakan k rsi 2, berbagi pengalaman saja gar saling belajar (ni kan kelas online :) 

masuk ke rs di"cegat" untuk screning ... maklum covid masih trend ... ditanya riwayat batuk dan panas jg apakah pernah rapid/swap ... sebelum masuk dicek suhu badan ... di ruang depan resepsionis (:) pojok depan, dengan melalui digital, daftar menggunakan kartu rs (jika pasien baru mk dftar sbg pasien baru tuk juga dibuatkn kartu - ada biaya cetak (lupa, 15rb mngkin - cos udah bbrp bulan yg lalu ktika cek kuning adek) setelah daftar lalu menuju ke kasir tuk membayar biaya (bukan bpjs - cos rsi bukan faskes 1, shg dg bpjs jg harus ada rujukan kcuali mllui igd) kmd antri tuk dipanggil dokter.

konsultasi k dokter, wah masalah butiran pasirnya ndk dibahas, tp curiga ada infeksi saluran kencing shg harus di lab tuk kepastian, ... krn jengkel ndk dibahas butiran pasir keorangeannya, akhirnya search ke google, ternyata hal tersebut termasuk normal terutama bagi bayi yg minum asi, urat namanya, mengeluarkan asam urat tubuh, sisa metabolisme tdk smpurna atau sisa plasenta (?) - normal asal tidak berlebihan dan tidak dalam wktu berminggu2 ... kembali ke lab ... (tanpa top) ... akhirnya periksa darah dan kencing ... nunggu hasil sekitar pkul 12, kmd hasil langsung dikonsultasikn ke dokter ... krn dokternya lg keluar, diwakili perawat konsultasi lewat tlp ... alhamdulillah walau ditengarahi ada urat dan bakteri di kencingnya tp msih tahap awal akhirnya diberi obat dan pulang. biaya ni tuk sharing saja cos kemampuan orang nermacam macam, mahal murah itu relatif, biaya administrasi + konsultasi 200an, lab darah dan kencing 400an dan obatnya hampir 200, jd jk ada kejadian spt ini kmd mmutuskn k rs swasta dg biaya mandiri njh, bs dipersiapkan biayanya, jk k rs negeri lbih murah administrasi lbih murah dan biaya konsultasi gratis, klo ada tindakan dll njh biaya lain (spngetahuan sy ketika ke rs haji sby), pakai bpjs malah lebih murah (gratis) krn dah ditanggung bpjs tetapi ada prosedurnya.

sebenarnya daripada ke dokter saya lebih pilih ke tukang pijat bayi (maklum panik), karena mereka sudah berpengalaman dg berbagai macam bayi, jg mampu membantu memperbaiki kondisi organ/perut dg pijatan (tukang pijat yg konpeten), juga asi, air susu ibu itu kan dahsyat banyak keajaibannya termasuk mengandung nutrisi dan antibiotik yg dibutuhkan si bayi, klo tidak sangat darurat disarankan tidak ke dokter, lebih banyak sharing dg yg lebih pengalaman.

dan setelah antibiotik dr dokter habis dan panas turun, baru sy pijatkan ke tukang pijat, bertemu dg sesama yg mw pijat, ia bercerita bahwa dr selapan tiap bulan rutin pijat, lah adik, bl sy mrasa mulai tanda sakit saja ... oh ya ... sering dibilangin klo bayi panas dan rewel itu tandanya mau pintar ... njh klo sy lihat keterangan kms njh benar juga kalimat tsb karena pada masa lompatan pertumbuhan biasanya diikuti suhu meningkat dan sedikit rewel ...

moga manfaat

0 Response to "loncatan pertumbuhan"

Posting Komentar