dna nasab

Manusia memiliki ciri khas yang membedakan antara satu dengan yang lainnya adalah dari pengaruh perbedaan genetik dan lingkungan yg teristilahkan dengan genotip dan fenotip.
Genotip merupakan identitas genetik yg tersusun atas kode-kode genetik yg diwariskan dari orang tuanya, sedangkan fenotip adalah ciri-ciri dari suatu individu yang dapat diamati secara fisik.

Orang yg memiliki genotip yg identik bisa memiliki tampilan fenotip yg berbeda menyesuaikan dengan dengan lingkungannya, atau juga orang yg memiliki fenotip yg mirip karena memang berada dalam lingkungan yg sama itu sangat mungkin secara genotip iti berbeda.
Pada awalnya, ciri-ciri manusia akan sesuai dengan genotipnya, tetapi perlahan karena pengaruh lingkungan maka fenotipnya akan berubah, dan bahkan melalui pewarisan dari generasi ke generasi berubah secara genetik (mutasi gen).

Gen merupakan bagian dari dna (1%), dimana dna ni terangkai membentuk kromosom, kromosom inilah sebagai pembawa genetik untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Dna ini terletak seperti pada inti sel, mitokondria.

Kromosom ada yg berpasangan (diploid, 2n) dan ada yg tidak berpasangan (haploid, n), haploid ini terjadi karena pembelahan meosis yg terjadi di organ perkembangbiakan. Dan dna inilah yg akan diturunkan ke keturunannya, sebagian dari ayah dan sebagian dari ibu sehingga kembali berpasangan.
Yang unik pada pewarisan ini adalah adanya dna yg diturunkan dari garis laki-laki ke laki2 saja (lurus laki2) dan ada juga yg diteruskan dari garis perempuan saja.

Pewarisan melalui garis laki2 terjadi di inti sel, pada laki2 ditemukan kromosom x dan y, sedang pada perempuan ditemukan kromosom x dan x, jadi kromosom y khusus diturunkan ayah ke anak laki2, ke cucu laki2 dan begitu seterusnya, jadi pemeriksaan dna nasab garis laki2 dapat diperiksa melalui uji y-dna.

Pewarisan melalui garis ibu, akan sulit jika melalui kromosom x, karena kromosom x bisa dari laki2 juga dari perempuan, sehingga pemeriksaan dna nasab garis lurus perempuan melalui uji mtdna, dna yg ada di mitokondria. Sel sperma laki2 digambarkan seperti kepala berekor, kepala berisi dna inti sel, sedang ekor memuat dna mitokondria, sebagai pembangkit tenaga sel , ketika terjadi pembuahan, ekor tsb dilepaskan, maka dna yg ada di mitokondria kita murni berasal dari ibu kita, dari nenek dan seterusnya melalui garis perempuan.

Dalam gen tersebut ada yg berekombinasi (dari ayah dan ibu) dan ada yg tidak berekombinasi seperti y-dna dan mtdna, sehingga ujinya akan berbeda akurasi, jk pd ydna dan mtdna dapat menjangkau ratusan ribu tahun krn tidak mengalami rekombinasi (penyusunan ulang) dan jarang mengalami mutasi (perubahan). Sedang uji dna rekombinan (autoxomal/ancestry dna) dibilang akurat hanya sampai 7 generasi (mungkin itu sebabnya kita dianjurkan mengenal/ tawasul dg 7 garis nasab kita ya) yg dapat menjangkau garis ayah dan ibu (keduanya), berbeda dg y-dna yg hanya garis ayah dan mtdna yg hanya garis ibu.

Dari penjabaran di atas, bahwa kekerabatan kita dapat diketahui dengan seberapa banyak kesamaan kode genetik kita, dikatakan seorang ahli dna, bahwa kita, dna kita, merupakan artefak hidup, dalam dna kita menyimpan kode dna sejak dari nabi adam hingga sekarang, terdapat lebih dari 60juta kode genetik dalam dna kita, dan ditemukan kesamaan pada 600 kode genetik tuk semua manusia, sehingga disimpulkan bahwa 600 kode tsb adalah kode nabi adam sebagai manusia pertama di bumi ini, dan jika ada "manusia" Yg tidak memiliki kode2 tsb, mk dapat disimpulkan ia bukan berasal dari nabi adam atau ekstrimnya ia bukan manusia. 

Tiap2 generasi akan meninggalkan sebagian jejak dnanya pada keturunannya, maka dengan mencari penanda jejak tersebut dapat diketahui nasab jauh kita, atau semakin banyak kesamaaan kode genetiknya maka semakin dekat kekerabatan kita. Haplogroup merupakan untaian dna tunggal yg memiliki nenek moyang yang sama karena memiliki mutasi (perubahan) yg sama. 
Haplogroup root (akar, nabi adam) menurunkan haplo-A, 
A --> B 
B --> C, D, E
C --> F
F --> G, H, I, J, K
K --> M, O
Lah haplo-O ini yg banyak ditemukan di Indonesia salah satunya, seperti di awal bahwa mutasi terjadi salah satu faktornya adalah pengaruh lingkungan. 

Kok beda ya???







0 Response to "dna nasab"

Posting Komentar