ustad Bayu Kurniawan Sunan Kalijaga

mengingat lagi, beliau ustad Bayu Kurniawan, salah satu guru yang namanya masih berbekas di memori ini, dan masih ikut dalam hadiah fatihah yg terpanjatkn
awal pertemuan dan pwmbelajaran adalah dari teman, mas Khumaidi, ketika itu masa SMU 1997/8an klo tdk salah, mas khumaidi adalah teman ngaji di pp Roudlotul Muta'alimin (bukan pengasuh skrg, gus/kyai Khumaidi putra KH. Muhammad Rois),
mas kum, pernah cerita kalau beliau latihan pencak silat, dan karena tertarik, akhirnya pengen ikut, di awal latihan, barengan ma mas habi dan mas slamet (dimana beliau2 ya?), saat itu diajari oleh mas wahyu, adik dr ustad Bayu, di prapen.
belum tahu bagaimana kabar perguruan selanjutnya juga para beliau, yang terakhir dapat kabar dari mas aan, adalah ustad bayu sudah meninggal dunia tahun 2012 (klo tdk salah ingat) mhon al fatihah tuk beliau, al fatihah ...
perguruannya kala itu bernama sunan kalijaga, mboten ngertos masih eksis nopo mboten, karena klo saya search di google, masih keluar perguruan pencak silat sunan kalijaga yang didirikan mas Bayu Kurniawan tahun 1993, tapi klo lihat di youtube, yang pake nama perguruan sunan kalijaga kok jurusnya beda dengan yang saya ingat? (atau saya yang selip kali ya) atau ada nama perguruan yang sama tapi dari "sanad" yang berbeda? au ah gelap

ndak bisa cerita tentang pencak silatnya, karena saya hanya ikut sampai sabuk merah ... seingatku tingkatannya, sabuk merah, hijau, biru, kuning kmd kuning emas ... jadi saya hanya dasar ...
ingatan tentang beliau, ustad Bayu yang menempel hingga saat ini, adalah kerendahan hati beliau (walau beliau guru besar dn pendiri perguruan tsb) ...
pernah suatu saat latihan pukulan secara berpasangan dan alhamdulillah saya tidak ada pasangannya, lah dalah, malah beliau yang mendekat tuk jadi lawan pasangan ... alih-alih dihadapan guru besar, aku pukul beneran dengan kuat ... tubuh beliau tidak besar, putih dan lembut ... pukulanku kena dada beliau ... rasanya genjur gitu ... lah malu deh kok beliau tidak nangkisnya ... hanya jadi sansak ... walau terlihat pukulanku (yg kuanggap keras) sepertinya juga ndk pengaruh tuk beliau (tubuh saya lebih besar dari beliau) ... beliau nyantai saja ... wah jd bingung dan malu ...
jarang beliau turun tangan sendiri dalam melatih, seringnya beliau melihat dari samping atau belakang sementara para pelatih mengajari ...
beliau orangnya tidak banyak ngomong dan ngomongnya sangat sopan dan lembut ...
pernah saya punya masalah keluarga dan berkonsultasi kepada beliau, jadi bingung ... beliau menjawab dengan kromo inggil, bahasa jawa halus ... padahal saya tanya juga bahasa kasar (maklum orang suroboyoan dan kurang memperhatikan adab) ... malu banget tapi juga bersyukur ...
melihat tingkah laku beliau (yg sy tahu) dan tutur bahasanya, walau mungkin saya tidak seberuntung teman-teman lain yang berguru kepada beliau dan lama bergaul dg beliau, tapi kesan itu ... sangat mendalam bagiku ... sehingga nama beliau masih ada dalam doa-doaku, 
saya pun sering mengajarkan dzikir yang pernah beliau ajarkan kepada anak2, dengan harapan ilmu ustad Bayu tetap lestari ... dan pahala terus mengalir tuk beliau ... walau yg saya dapat hanya sedikit tapi pengen termasuk ilmu manfaat ... bukan silatnya sih (kan masih dasar) ...
jika anda pengen dzikirnya ...
dzikirlah "ya Allah ya Qodim ya Rohman ya Rohim" 25x setiap hari (untuk menjaga emosi, memberihkan hati), jangan banyak-banyak, yang penting istiqomah,
semoga manfaat untuk anda, untuk saya dan juga beliau, ustad Bayu (al fatihah)

0 Response to "ustad Bayu Kurniawan Sunan Kalijaga"

Posting Komentar