usul mawon .... jika indonesia berhutang

beberapa hari yg lalu membaca berita bahwa untuk menambal defisit anggaran, maka Indonesia akan berhutang ...
eh tadi saya baca artikel yg menarik, ni saya share di bawah ...
usul saja, untuk petinggi negara dan dpr,
jikalau ngin belajar tentang anggaran, ya cari negara yang bebas finansial, tidak hutang dan bisa mensejahterakan masyarakatnya, bukan cuma cari negara yg kelihatan wah, mewah, pendapatan liar biasa tapi hutang terus bertambah ...
jikalau ngin belajar tentang pendidikan, coba carilah daerah yg sistem pendidikannya bertahan dan beradaptasi selama bertahun-tahun dan kualitas alumninya bermanfaat bagi masyarakat dan mbawa kedamaian, bukannya mencari negara yg sistem pendidikannya menjadikan orang-orang kelihatan pandai tp penuh konflik, bikin stress, memperkaya diri sendiri mengalahkan orang lain ...
jikalau ngin belajar kesehatan, ya mencari negara yg minim penyakit, rumah sakit sepi, warga sehat bahagia, bukannya melihat yg rumah sakitnya canggih penuh sesak pasien, anggaran kesehatan bejibun tapi tidak cukup membiayai pengobatan ...
dst ....

================ berikut artikelnya

AKURAT.CO, Setiap negara memiliki jumlah pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa negara yang harus utang untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Tetapi, ada beberapa negara yang tidak memiliki utang sama sekali karena pendapatannya lebih tinggi dari pengeluarannya.
Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan beberapa negara di dunia yang tidak memiliki utang sama sekali.
1.

Wikimedia

adalah negara kecil pecahan dari China. Meskipun disebut sebagai negara bagian dari China, memiliki administrasi spesial sehingga memiliki pemerintahan tersendiri. Bagi banyak orang, adalah surganya para penjudi. Dikutip dari Countrymeters, negara ini memiliki pendapatan nasional sebesar Rp996,2 triliun. Sedangkan negara dengan populasi lebih dari 637 ribu jiwa ini tidak memiliki utang sama sekali dengan negara atau pihak lain.
2. Liechtenstein

Wikimedia

Liechtenstein adalah salah satu negara paling kecil di dunia. Tetapi, meskipun kecil, negara dengan populasi sebanyak 38 ribu jiwa ini memiliki pendapatan nasional yang cukup besar, yaitu mencapai Rp87,2 triliun, dikutip dari World Bank. Sedangkan, dikutip dari CIA tentang "The World Factbook", negara yang memakau bahasa Jerman sebagai bahasa resmi ini tidak memiliki utang sama sekali dengan pihak mana pun.
3.

Wikimedia

Berlokasi di , adalah salah satu negara yang tergabung dalam . Negara yang baru merdekan pada tahun 1981 ini memiliki pendapatan nasional yang cukup besar meskipun memiliki populasi hanya 21 ribu jiwa. Dikutip dari Countrymeters, yang memiliki sumber ekonomi utama dari turisme, agrikultur, dan perikanan ini adalah salah satu negara yang mampu menghidupi negaranya sendiri tanpa melakukan pinjaman atau utang ke pihak lain. Bahkan, Countrymeters juga mencatat penghasilan negara ini mencapai Rp3,7 triliun.
4.

Wikimedia

adalah salah satu negara kepulauan yang berada di . Negara dengan ibu kota Alofi ini memiliki populasi sebanyak 1.600 jiwa. Meskipun tergolong kecil, menurut laporan CIA, negara kepulauan ini memiliki pendapatan nasional mencapai Rp140,7 miliar. Sedangkan baru tahun 2016 lalu, dikutip dari Lifegate, baru saja melunasi seluruh utangnya yang mencapai Rp56,2 miliar.
5.

Wikimedia

atau adalah negara kepulauan yang berada di selatan Samudra Atlantik. Dikutip dari CIA, negara yang memiliki populasi sebanyak 3.300 jiwa ini memiliki pendapatan nasional yang cukup besar, yaitu sebanyak Rp2,9 triliun. Sedangkan negara yang memiliki ibu kota bernama Stanley ini tidak memiliki utang sama sekali sejak tahun 2015.
Itulah beberapa negara yang tidak memiliki utang sepeser pun pada pihak manapun di dunia.

0 Response to "usul mawon .... jika indonesia berhutang"

Posting Komentar