bid'ah adalah .... ra usah neko-neko

ngaji malam Romadlon tepat waktu, saya berangkat dari rumah jam stngh 10 lebih dikit, sampai di pondok ternyata sudah mulai lumayan ..  duduk pun di luar, hehehe

nyatet sedikit isi ngaji, sesuai "tangkapan saya"

catatan H-2R

bid'ah adalah sesuatu yang disamakan dengan agama padahal bukan agama

menurut syekh Zarruq, bid'ah memperbaruhi perkara dalam agama, sehingga seakan ajaran itu dari agama padahal bukan bagian dari agama, baik secara bentuk maupun hakikatnya.

contoh ada kepercayaan nelayan harus melakukan petik laut agar menghidari amarah nyi roro kidul sehingga ikan tangkapannya banyak ... lah bila menjadi kepercayaan bahwa yang memberi rizki itu nyi roro kidul, maka itu salah, bid'ah, kemudian dirubah, petik lautnya tetap tapi diisi dengan khotmil Qur'an, sedekah kepada yatim dll, karena esensinya sudah berubah dengan ibadah ... loh kan masih petik laut ... bisa ditanyakan, apakah nyi roro kidul suka/mengikuti dengan khotmil qur'an dll itu? karena ibadah itu memutus hubungan dengan kepercayaan kepada nyi roro kidul (sebagai pemberi rizki) kembali kepada meminta kepada Allah, maka unsur bid'ahnya sudah hilang.

udah... yang paling mudah itu ikut ulama, pastilah akan selamat dengan hal-hal propaganda yang mengatasnamakan agama (diberi merk agama) padahal isinya adalah kepentingan "seseorang".

dulu ada yang membid'ahkan adzan dengan speker dengan alasan Allah itu maha mendengar jadi gak perlu spiker, ada kyai yang menjawab, yang butuh speker itu bukan Allah, bukan malaikat, tapi orang-orang seperti kamu, yang telinganya "gak bener", lucunya orang yg dulu membid'ahkan, sekarang malah menggunakan sound sistem ... apa bukan bid'ah? makanya mereka sudah sudah tidak mendengungkan bid'ah hal tsb.

jika bid'ah itu bentuk total seperti zaman dahulu, maka akan kesusahan sendiri dia untuk mempertahankan bid'ahnya ... contoh mengapa orang-orang yang suka gembar-gembor bid'ah yang paling gencar dakwah di radio dan sosmed-sosmed ... apakah nabi dulu berdakwah dengan sosmed? (biasanya sih ngeles sih ...)

hal-hal yang baru (kegiatan) yang diselipkan sesuatu yang bersifat ibadah maka dapat dikembalikan menjadi suatu ibadah ... contoh rapat kegiatan (duniawi) yang disisipi membaca Al fatihah atau doa, maka pmbacaan fatihah dan doa tersebut tetap bernilai ibadah ...

jika harus sesuai 100% nabi saw, maka akan kesusahan untuk lepas dari bid'ah (sesat) ... bahkan ketahuilah bahwa harokat dalam Al Qur'an itu tidak ada di zaman nabi saw, kok harokat, titik aja gak ada. 

ada yg tanya, apakah sholat dhuhur setelah sholat jum'at itu bid'ah? iya, sebagian ulama mengatakan bid'ah, karena tidak pernah nabi melakukan keduanya, sehingga jika ada yang mensyariatkan hal tsb, maka masuk kepada bid'ah, seperti mensyariatkan sholat dhuhur 5 rokaat.

ada yg tanya, pujian-pujian sebelum sholat apakah bid'ah? (krn ada dasar kesunnahan berdoa sebelum sholat, bahkan termasuk waktu2 afdol) doa itu tidaklah berdiri sendiri, ada kaitan dengan nasehat, dzikir, sholawat dkk, seperti tombo ati misalnya itu termasuk nasehat dan itu bagian dari agama, maka bukan bid'ah, tidak pernah ada pujian tsb yg tidak bermakna, jika tidak bermakna (keluar dari nasehat, dzikir, sholawat dkk) maka itu bid'ah

ada yg tanya, apakah bilal terawih termasuk bid'ah? terawih itu sholat yang diselingi dengan istirahat, trus jika tidak ada yang komando (bilal) bisa jadi kita hanya jagongan biasa, bilal kan mengajak sholawat, apakah sholawat bid'ah? ada juga mendoakan khulafaur Rosyidin, apakah mendoakan itu bid'ah?

ada yg tanya, apakah tahlilan bid'ah? maka tanyalah dari sisi mana yang bid'ahnya, kalau jawabnya nabi gak pernah tahlilan, maka hal tersebut jelas saja, karena istilah tahlilan ada di jawa, apakah setiap yang istilahnya tidak ada di zaman nabi menjadi bid'ah? (apakah istilah kajian ada?), kalau dari segi bacaannya, lihatlah mana yang tidak ada dasar hukumnya? jika sedekahnya (tidak ada hubungan dg tahlilan) ya dikaji lagi dst ... bila ada seperti tersebut, kembalikan saja kepada perbuatan2 mereka, maka banyak hal baru, misalkan, adakah tuntunan salam lewat wa? jangan larut dengan provokasi mereka

Allah a'lam

0 Response to "bid'ah adalah .... ra usah neko-neko"

Posting Komentar